Cara Balik Nama Mobil Itu Gampang, Begini Prosedurnya

Siapa bilang cara balik nama mobil itu sulit? Perihal balik nama mobil memang perlu dilakukan jika anda membeli mobil bekas. Jika STNK dan BPKB telah menggunakan nama anda yang notabene pemilik baru akan mempermudah saat pembayaran wajib pajak setiap tahunnya.

Padahal balik nama mobil itu tidak sulit sama sekali. Akan tetapi kebanyakan orang emang tidak mau ribet mengurusnya, maka mereka menggunakan jasa yang ditawarkan calo. Sebenarnya anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah seperti dibawah ini agar persyaratan balik nama mobil (baca rule kan ?) terasa tidak sulit lagi.

Cara Balik Nama Mobil Bekas

Cara Balik Nama Mobil Itu Gampang, Begini Prosedurnya

Yang perlu anda lakukan sebelum balik nama mobil adalah menyiapkan dokumen persyaratan. Berikut cara balik nama mobil lengkap dengan persyaratan dan langkah-langkahnya.

  1. Menyiapkan berkas dokumen pengurusan balik nama STNK diantaranya: fotokopi dan asli pemilik lama dan pemilik baru, fotokopi dan asli STNK mobil, fotokopi BPKP mobil, kwitansi jual beli mobil bermeterai 6.000.
  2. Datang ke SAMSAT dengan membawa mobil yang mau dibalik nama. Disana akan dilakukan cek fisik kendaraan dan diberi bukti tanda telah cek fisik. Pada tahap ini,  mobil anda akan digosok nomor rangka dan juga nomor mesinnya.
  3. Mengisi formulir pendaftaran dengan data sesuai STNK dan BPKB mobil. Setelah selesai anda isi diserahkan ke loket.
  4. Pengambilan notice dan pembayaran pajak. Setelah beberapa hari kemudian, tepatnya saat hari yang dijanjikan akan diberikan lembar tagihan (notice) dan pajak kendaraan. Namun apabila pajak kendaraan anda sudah lunas, anda tidak perlu membayar pajak lagi.
  5. Terakhir adalah pengambilan STNK yang sudah jadi.

Lanjut ke cara untuk balik nama BPKB tidak bisa dilakukan di SAMSAT melainkan di Polda.

Adapun berkas yang perlu anda siapkan:

  1. Fotokopi STNK yang telah dibalik nama
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi BPKB
  4. Fotokopi hasil pengesahan cek fisik
  5. Fotokopi kwitansi pembelian motor
  6. BPKB asli

Langkah-langkah untuk mengurus balik nama BPKB mobil di Polda meliputi:

  1. Anda datang ke Polda dengan membawa berkas yang telah disiapkan.
  2. Setelah anda serahkan, anda diminta membayar di loket bank apabila berkasnya lengkap. Loket bank Polda adalah bank BRI. Biaya yang perlu dibayarkan sebesar 80.000 rupiah.
  3. Setelah pembayaran lunas, isi pendaftaran sesuai data mobil yang tertera pada STNK dan BPKB. Lalu anda akan mendapatkan sticker khusus dari bank yang harus anda tempelkan pada formulir.
  4. Berlanjut ke tahap isi formulir pendaftaran di loket BBN BPKB.
  5. Penyerahan formulir pendaftaran dan berkas tadi. Anda akan menerima tanda terima dari BPKB yang sedang anda buat.
  6. Saat pengambilan BPKB menggunakan fotokopi KTP dan tanda terimanya.

Memang dalam mengurus balik nama mobil baik balik nama STNK maupun BPKB, anda membutuhkan 3 kunci S yaitu Siap, santai dan juga sabar. Ingat anda tidak boleh terburu-buru apalagi hingga membuat dokumen anda tercecerkan atau ketinggalan. Sebab akan mengganggu proses balik nama mobil anda.

Disini anda harus menyiapkan dan menyimpan dengan benar dokumen pengurusan balik nama mobil. Terlebih usahakan anda membawa pena selama proses pengurusan balik nama mobil walaupun sebenarnya di SAMSAT maupun Polda disediakan pena. Akan tetapi lebih baik tetap membawa pena sendiri dari rumah karena bisa selalu siap sedia dan tidak rebutan dengan yang lain dan terkadang pena yang disediakan macet atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *