Grosir Bibit Mangga Terbaik Dan Berkualitas

Grosir Bibit Mangga Terbaik Dan Berkualitas. Tanaman Mangga  ialah buah yang memiliki bentuk sangat khas yakni meruncing panjang namun tidak memiliki bentuk paruh.

Rasa dari buah mangga  ini juga tidak kalah dengan rasa mangga – mangga jenis lain. Panjang buah mangga ini bisa mencapai sekitar 19 cm dan juga memiliki bobot buah sekitar lebih dari 500 gram. Pohon mangga ini bisa menghasilkan buah mangga seberat hampir  62 kg pada masa sekali panen per pohonnya.

Grosir Bibit Mangga Terbaik Dan Berkualitas

 

Cara budidaya pohon mangga  

  • Tahap persiapan bibit tanaman mangga  

Pilih bibit mangga   yang berkualitas tinggi dan baik, dan juga    tentunya sesuai dengan selera mangga   daerah setempat agar mudah laku di pasaran. Bibit mangga   saat ini sangat mudah untuk mendapatkan biji atau tunas pohon mangga di karenakan sudah tersedia di semua toko perlengkapan bibit tanaman. Namun tetap diperlukan sikap hati – hati dalam memilih penjual bibit , karena bibit mangga   penipuan (tidak sesuai jenis yang diinginkan) sudah banyak beredar di masyarakat. Bibit mangga yang tersedia saat ini ada 2 jenis yakni bibit generatif (biji) dan bibit vegetatif (cangkok dan okulasi). Namun apabila menginginkan pohon mangga   yang cepat berbuah dan memiliki sifat sesuai induknya sebaiknya pilih bibit yang vegetatif , karena jika menggunakan bibit generatif , menghasilkan bakal pohon yang lama berbuah ( 7 tahun baru berbuah ) dan sifat bakal pohon kadang tidak sesuai dengan induknya.

  • Tahap persiapan lahan budidaya pohon mangga  

Lahan yang akan digunakan untuk perkebunan mangga   sebaiknya dibersihkan dahulu dari semak – semak dan gulma. Kemudian jika lahan sudah bersih selanjutnya adalah melakukan pengukuran jarak tanam. Jarak yang ideal untuk per pohon mangga   adalah 10 cm x 10 cm atau 12 cm x 12 cm. Selanjutnya adalah membuat lubang tanam, apabila lahan memiliki tanah yang bertekstur keras buat lubang tanam ukuran 1 x 1 x 1 m. Apabila lahan itu memiliki tanah yang bertekstur lebih lembut buat lubang tanam ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lubang tanam yang sudah dibuat kemudian dibiarkan selama kurang lebih 1 bulan untuk menetralkan asam pH yang terkandung dalam tanah. Pembuatan lubang tanam yang pas adalah pada waktu sebelum musim hujan tiba.

  • Tahap penanaman bibit mangga  

Bibit yang sudah disiapkan sebelumnya ini kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam. Sebaiknya bibit mangga   ini diletakkan tepat di tengah lubang tanam dan bibit mangga ini hanya dimasukkan ke lubang tanam sampai bagian leher akar saja jangan semua bagiannya. Lakukan kegiatan penanaman bibit mangga   pada pagi atau sore hari agar bibit baru tidak langsung terkena paparan sengatan sinar matahari. Setelah melakukan penanaman, bibit mangga ini sebaiknya disiram air secukupnya. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman bibit mangga   adalah pada saat musim hujan.

  • Tahap perawatan bibit pohon mangga  

Perawatan bibit mangga   ini dilakukan kegiatan antara lain penyulaman, penyiraman , dan penyiangan. Lakukan pemantauan kebun bibit mangga   secara rutin, segera sulam bibit yang sekiranya sudah mati, tumbuh tidak normal, dan terserang penyakit dan hama. Awal – awal bibit mangga   ini memerlukan cukup banyak air supaya pertumbuhannya semakin optimal. Kemudian soal kegiatan penyiangan, lakukan penyiangan bibit mangga ini secara rutin juga agar gulma – gulma tidak mencuri nutrisi yang seharusnya milik bibit mangga  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *