Jual Bibit Bambu Hitam Kualitas Unggul

Jual Bibit Bambu Hitam Kualitas Unggul. Bambu hitam yang merupakan sejenis bambu yang seringkali dijadikan untuk bahan perkakas rumah tangga, furniture, dan pembuatan alat musik. Pohon bambu hitam ini awalnya hanya dapat ditemukan di pulau Jawa (Indonesia) namun saat ini sudah menyebar di berbagai dunia.

Jual Bibit Bambu Hitam Kualitas Unggul

Bambu hitam ini tumbuhnya merumpun, memiliki perawakan pohon yang rapat dan tegak, dan memiliki rebung yang berwarna hijau kehitaman dengan bagian ujung berwarna jingga. Buluh dari bambu hitam ini lurus dan tegak , dapat mencapai ketinggian 15 m, dan memiliki diameter buluh berukuran 6 cm – 8 cm. Daun dari pohon bambu hitam ini bentuknya lanset dan berukuran 20 – 28 cm x 2 – 5 cm. Bunga dari pohon bambu hitam ini terdiri dari 18 spikelet , spikeletnya berbentuk bulat, dan berisi 4 floret.

Bambu hitam ini menyebar di Asia tropis, India, dan kawasan Melanesia. Tumbuhan bambu hitam ini sampai saat ini belum diketahui asal usulnya, yang jelas tanaman bambu hitam ini awalnya sudah banyak tumbuh di pulau Jawa (Indonesia). Pohon bambu hitam ini menyukai daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi, curah hujan sampai dengan 1.500 – 3.700 mm per tahunnya, dan memiliki suhu yang rata – rata mencapai 20 derajat celcius – 32 derajat celcius. Pohon bambu hitam ini banyak ditemukan di dataran rendah daripada di dataran tinggi.

Bambu hitam ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya untuk bahan pembuatan alat musik, pembuatan alat – alat perlengkapan rumah tangga, dan berbagai kerajinan furniture. Rebung dari bambu hitam ini sering dijadikan sebagai sayuran oleh penduduk desa di Pulau Jawa.

Bibit bambu hitam ini biasanya didapatkan dari hasil stek batang dan rhizoma. Bibit bambu yang dihasilkan oleh stek batang dan rhizoma tentunya memiliki perbedaan sendiri – sendiri. Bibit stek batang ini banyak digunakan oleh bibit bambu apus. Untuk bambu hitam ini bisa dari bibit stek batang atau bibit rhizoma. Namun bila kita mengalami kesulitan dalam membuat bibit sendiri alangkah lebih baik membeli saja bibit bambu hitam di toko – toko bibit tanaman. Bibit yang sudah terbeli nantinya hanya tinggal di tanam saja.

 

  • Tahap persiapan lahan dan lubang tanam untuk bibit bambu hitam

Lahan tanam ini biasanya disiapkan oleh para petani bambu 3 – 4 bulan sebelum melakukan penanaman. Untuk ukuran lubang tanam tidak ada ukuran yang pasti sehingga sesuaikan saja dengan lahan tanam yang tersedia. Namun ukuran lubang yang paling umum digunakan adalah 50 cm x 50 cm x 75 cm. Untuk bibit bambu hitam yang berasal dari stek batang ukuran lubang tanam nya 150 cm x 150 cm x 75 cm.

Sebelum membuat lubang tanam sebaiknya pastikan dahulu lahan yang akan digunakan untuk penanaman bibit bambu hitam ini benar – benar terbebas dari gulma – gulma atau semak – semak. Tanah galian yang berasal dari lubang tanam sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Campurkan tanah galian tersebut dengan pupuk kompos untuk dijadikan sebagai tanah timbun nantinya.

 

  • Tahap penanaman bibit bambu hitam

Setelah lahan dan lubang tanam sudah siap maka tahap selanjutnya adalah tahap penanaman bibit bambu hitam. Langkah – langkah menanam bibit bambu hitam ini sama saja caranya dengan menanam bibit tanaman lainnya tidak ada hal yang spesifik. Tanam bibit bambu hitam tepat di tengah – tengah lubang tanam dan timbun dengan tanah timbun yang sudah dibuat sebelumnya. Lakukan penyiraman air pada bibit bambu hitam yang baru ditanam dengan secukupnya. Waktu yang tepat untuk menanam bibit bambu hitam adalah pada saat musim hujan tepatnya pada bulan Desember dan Januari. Paling lambat sampai bulan Februari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *