Manfaat Konsumsi Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Susu kedelai adalah sari dari kedelai yang berwarna seperti susu, selain warnanya yang seperti susu sari kedelai juga memiliki manfaat pengganti susu hewani. Kandungan dan nutrisi yang ada didalam susu pun tak diragukan lagi. Bagi ibu hamil yang alergi pada Laktosa (lactose Intolerant) susu kedelai bisa dijadikan alternatif pengganti susu hewani.

Berikut ini manfaat susu kedelai bagi ibu hamil :

Manfaat Konsumsi Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

1. Membantu Tumbuh kembang Janin

susu kedelai kaya akan protein. Zat protein tersebut antara lain arginin,leusin,lisin, lesitin, glisin,triptofan, fenilalanin,niasin, dan isoleusin. Zat Protein ini sangat baik untuk tumbuh kembang janin, memaksimalkan organ ibu hamil, memperbaiki jaringan yang rusak bagi ibu dan janin. dan memperkuat sistem imunitas.

2. Memberikan Cadangan Lemak

Lemak Nabati. Manfaat dari lemak nabati bagi ibu yang sedang hamil ialah sebagai sumber cadangan lemak bagi tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Syaraf Janin

Kandungan lain dari susu kedelai adalah Asam Folat. Kandungan asam folat pada susu kedelai ini bermanfaat untuk pertumbuhan sel syaraf janin dalam kandungan agar tumbuh dan berkembang normal dan sehat, khusunya ketika kehamilan pada trisemester pertama.

4. Sumber Energi

Kandungan Karbohidrat pada susu kedelai berguna sebagai sumber energi bagi ibu hamil. Pada saat hamil ibu harus memiliki energi dan kekuatan lebih agar sanggup, sehat dan kuat menjalani masa kehamilan. Karena kesehatan sang ibu mempengaruhi perkembangan janin didalam rahim. Kuat dan sehat nya Ibu juga dapat mengurangi resiko keguguran. Selain itu kandungan karbohidrat pada susu kedelai juga membantu memperlancar sistem pencernaan. Hal tersebut penting bagi ibu hamil karena sebagian ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan.

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil

Susu kedelai mengandung berbagai macam vitamin yang terkandung dalam biji kedelai
antara lain adalah :

– vitamin A :
Bermanfaat untuk menjaga fungsi pada mata janin

– vitamin B1 :
Bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin

– vitamin B :
Menghasilan Energi bagi ibu hamil dan memperkuat rahim sehingga mencegah keguguran pada janin

– vitamin E :
Menebalkan rambut, bula mata dan alis serta bulu-bulu lain pada janin, Serta menghaluskan kulit bayi.

Dibalik point besar dari 5 Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ada zat tertentu pada sari kedelai yang memberikan resiko buruk bagi janin laki-laki, yaitu zat genistein yang memberikan efek buruk bagi perkembangan seksual pada janin laki-laki. Namun penelitian ini belumlah selesai karena uji coba yang dilakukan baru kepada seekor tikus bukan pada janin manusia.

Ada baiknya diskusikan hal ini dengan dokter kepercayaan anda, tentang seberapa besar resikonya jika dibandingkan dengan manfaatnya untuk ibu hamil terutama bagi anda yang memiliki janin laki-laki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *